PENGERTIAN, FUNGSI, DAN PENGGUNAAN RTP DALAM JARINGAN KOMPUTER

Pengertian RTP :
RTP Singkatan dari (Real Time Transport Protocol). Umumnya digunakan dalam jaringan IP. RTP dirancang untuk menyediakan fungsi transport jaringan ujung ke ujung untuk aplikasi yang mengirimkan data real time, misalnya audio atau video, melalui layanan jaringan multicast atau unicast.
Frame Header RTP berisi informasi-informasi untuk mengidentifikasi dan mengatur tiap panggilaan individu dari endpoint ke endpoint. Informasi-informasi ini adalah timestamp, sequence number, dan conversation synchronization. Timestamps yang digunakan untuk pengaturan waktu suara percakapan agar terdengar seperti sebagaimana yang diucapkan, dan sequence numbers  digunakan untuk pengurutan paket data dan mendeteksi adanya paket yang hilang.
Cara kerja :
RTP didesain untuk digunakan pada tansport layer, namun demikian RTP digunakan diatas UDP, bukan pada TCP karena TCP tidak dapat beradaptasi pada pengiriman data yang real-time dengan keterlambatan yang relatif kecil seperti pada pengiriman data komunikasi suara. Dengan menggunakan UDP yang dapat mengirimkan paket IP secara multicast, RTP stream yang di bentuk oleh satu terminal dapat dikirimkan ke beberapa terminal tujuan. Selain itu , oleh karena informasi RTP dienkapsulasi dalam packet UDP. Jika packet RTP hilang (lost) atau didrop di jaringan, maka RTP tidak akan melakukan retransmission (sesuai standard protocol UDP). Hal ini dilakukan agar user tidak terlalu lama menunggu (long pause) atau delay, dikarenakan permintaan retransmission. Oleh karena itu jaringan harus didesign sebaik mungkin agar lost packet tidak terjadi.

Fungsi dari Protocol RTP diantaranya:

  • Segmentasi / reassembly dilakukan oleh UDP (atau serupa)
  • Resequencing (jika diperlukan)
  • Deteksi kehilangan kualitas estimasi, pemulihan
  • Intra-media sinkronisasi: menghapus delay jitter melalui playout penyangga
  • Intra-media sinkronisasi: Drifting sampling jam
  • Sinkronisasi antar-media (lip sync antara audio dan video)
  • Kualitas pelayanan dari umpan balik dan tingkat adaptasi
  • Identifikasi sumber

Sumber
Protokol Jaringan Komputer Oleh Muhammad Luthfi Baihaqi

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
25 Agustus 2019 pukul 18.06 ×

Ahsiaapp, mksih min

Reply
avatar
Unknown
admin
4 Januari 2020 pukul 18.26 ×

Bantu bobolin system nya sbobet dong min T_T

Reply
avatar