PENGERTIAN, FUNGSI, DAN PENGGUNAAN SSL DALAM JARINGAN KOMPUTER

Pengertian SSL
SSL adalah suatu protokol kriptografi yang menggunakan algoritma berbeda untuk membentuk keamanan menggunakan otentikasi dengan sertifikat,
algoritma pertukaran kunci sesi, enkripsi dan memeriksa integritas. Ini adalah protokol umum, sering digunakan untuk memastikan bahwa komunikasi antara WWW-server dan WWW-klien aman dan dienkripsi. SSL membutuhkan protokol https untuk menjalankan fungsi utamanya.

Penerapan dan keamanan SSL/TLS [wikipedia]
Protocol SSL dan TLS berjalan pada layer dibawah application protocol seperti HTTP, SMTP and NNTP dan di atas layer TCP transport protocol, yang juga merupakan bagian dari TCP/IP protocol. Selama SSL dan TLS dapat menambahkan keamanan ke protocol apa saja yang menggunakan TCP, keduanya terdapat paling sering pada metode akses HTTPS. HTTPS menyediakan keamanan web-pages untuk aplikasi seperti pada Electronic commerce.

Manfaat penggunaan/pemasangan SSL/TLS pada website
Situs idwebshare ini sendiri sudah memasang SSL pada web server nya, mengingat banyak kasus hack pada beberapa web seperti deface atau yang lebih parah pengambilan hak akses ke root oleh hacker. Untuk menghindari hal tersebut developers situs idwebshare menambahkan pengamanan tambahan berupa koneksi SSL agar situs lebih aman.
Selain itu situs dengan koneksi https (secure) juga dipandang baik oleh serp google walaupun terlalu berpengaruh terhadap seo. Manfaat penggunaan SSL/TLS ini sendiri yang pasti adalah untuk optimasi pengamanan pada suatu situs. Apalagi jika suatu situs sudah menerapkan sistem e-commerce dan melakukan transaksi pembayaran online wajib memasang SSL. Sebagai contoh kita lihat pada situs internet banking bankmandiri yang menggunakan SSL pada situsnya.



Sumber
Teknologi Jaringan Intranet oleh Khoe Yao Tung
PROTOKOL JARINGAN KOMPUTER oleh Muhammad Luthfi Baihaqi
 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
admin
30 April 2018 pukul 14.21 ×

Terima kasih artikelnya gan,, saya lagi belajar tentang SSL nih.. sekalian mampir ke blog saya yaa

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar