PENGERTIAN, FUNGSI, DAN PENGGUNAAN TELNET DALAM JARINGAN KOMPUTER


Telnet (Telecommunication Network) adalah protokol client-server yang memungkinkan adanya
akses remote login komputer tujuan dalam sebuah jaringan. Telnet juga dapat diartikan sebagai virtual/emulasi terminal yang menggunakan protokol telnet untuk dapat mengakses komputer tujuan secara remote. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database.




Fungsi Telnet yang utama adalah mengakses komputer host secara remote login. Tel-net adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan komputer pengguna menjadi terminal dari komputer lain di jaringan internet. Tel-net memungkinkan untuk login (akses masuk) sebagai pemakai komputer secara remote atau jarak jauh dan memanfaatkan program yang tersimpam pada komputer host.

Dalam aplikasinya, sebuah protocol telnet akan bekerja dengan cara membuat login user di dalam komputer lain, agar dapat mengakses sebuah informasi di dalam jaringan internet. Secara singkat, telnet mirip seperti dua orang yang memilki kunci rumah yang sama, dimana satu orang bisa membuka kunci rumah tersebut dari jarak jauh.

Pada intinya adalah dengan menggunakan protocol telnet, seorang user dapat melakukan login dan juga masuk ke dalam jaringan melalui komputer lain secara remote, atau jarak jauh. Dalam beekerja, protocol telnet menggunakan implemntasi dari dua buah program, masing-masing program merupakan program milik server dan juga milik komputer user atau client.


Cara kerjanya adalah sebagai berikut:


· Software pada komputer client atau komputer user meminta pelayanan atau request dari sebuah komputer server

· Dengan menggunakan protocol telnet, maka komputer server akan menanggapi dan memproses request layanan yang diminta oleh komputer user atau client

· Dengan adanya protocol Telnet ini, maka setiap orang bisa melakukan akses terhadap sebuah komputer server secara remote dan juga jarak jauh.


Sumber
60 Menit Belajar Script (Shell) oleh M Syamsudin
Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh  B.Patmi Istiana dan Y.Maryono
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
1 April 2018 pukul 04.39 ×

https://sabdaadjie.blogspot.co.id/2018/01/cara-memutuskan-koneksi-wifi-orang-lain.html

Congrats bro sabda adjie saputra you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar