PENGERTIAN, FUNGSI, DAN PENGGUNAAN SSH DALAM JARINGAN KOMPUTER

Pengertian SSH
Adalah akronim dari Secure Shell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk
melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman. Dalam konsepnya penggunaan SSH ini harus di dukung oleh server maupun perangkat atau komputer klien yang melakukan pertukaran data. Keduanya harus memiliki SSH server dari sisi komputer server dan SSH klien untuk komputer penerima (klien).

Banyaknya masalah keamanan jaringan memang menjadi hal serius untuk dihadapi, terutama untuk jaringan yang menghubungkan pertukaran data yang krusial. Sebagai contoh perbankan, pemerintah, dan instansi swasta yang membutuhkan perlindungan data terhadap konsumen dan bisnisnya, bahkan antivirus terbaik pun tidak dapat memberikan perlindungan secara sempurna.


Fungsi SSH
Dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp, dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagai network admin di berbagai belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN.

Fungsi SSH ini sebenarnya adalah dibuat untuk menggantikan protokol sebelumnya yang dianggap sangat rentan terhadap pencurian data melalui malware berbahaya. Protokol tersebut antara lain adalah rlogin, telnet
 dan protokol rsh.

Fungsi SSH 
Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim 
Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan 
Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman. 
Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim. 




Contoh cara kerja SSH : Saat kita mengkonekan modem kita telah terhubung dengan proxi provider tapi kita belum bisa melakukan request, nah di sinilah fungsi inject untuk meneruskan request walaupun pulsa kita 0
requestnya kemana ??, ya ke SSH server melalui SSH client (bitfise/putty) setelh SSH server menerima maka request dan bugs provider memproses, setelah di proses maka request yg kita kirim tadi di kembalikan ke SSH client, pada tahap ini kita telah sukses konek ke SSH server dengan pulsa 0, tapi qt belum bisa menggunakan untuk inet gratis, maka di perlukan proxifear, fungsi dari proxifier ini menangkap forward dari SSH client dan setelah tertangkap barulah di di forward lagi di localhost kita dan akhirnya, mozila, google crome, idm dan dll punya acses untuk internet gratis.



Sumber

60 Menit Belajar Script (Shell) By Syamsudin Manai

pengantar jaringan komputer Oleh Melwin Syafrizal,STMIK Amikom


Previous
Next Post »